Outbound di Suka Desa Kaliurang sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

 

   125       

Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta kembali menggelar outbound di Suka Desa Kaliurang. Kegiatan tersebut diikuti oleh  karyawan, siswa Diklat Korea Intensif angkatan 112 dan siswa Diklat Korea Reguler angkatan 34/35.

Outbound adalah kegiatan pelatihan di luar ruangan atau alam terbuka (outdoor) yang menyenangkan dan penuh tantangan. Outbound digelar untuk menggali serta mengembangkan potensi diri seseorang sekaligus memacu semangat belajar melalui permainan-permainan kreatif, rekreatif, dan edukatif. Kegiatan outbound yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta berlangsung pada Hari Minggu 4 November 2018 berlokasi di Jalan Kaliurang Km. 20 Hargobinangun Pakem Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan outbound berjalan dengan baik atas arahan dari Bp. Eri dan Bp. Mohammad Rosyidi, S.Ag. yang disambut dengan penuh antusias oleh seluruh peserta. Siswa juga dapat bermain wahana ATV (All Terrain Vehicle) di Suka Desa Kaliurang hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 10.000 per-orang. Kegiatan outbound tersebut bermanfaat untuk meningkatkan keberanian, membentuk pola pikir yang kreatif, dan meningkatkan kecerdasan emosional dalam berinteraksi. Permainan outbound dapat memberikan pembelajaran bagi siswa diantaranya nilai-nilai kerjasama, kepercayaan, kemampuan memecahkan suatu masalah, proses pendewasaan diri, kebersamaan, leadership (kepemimpinan), kemampuan akselerasi untuk mencapai suatu tujuan, meningkatkan motivasi belajar, memberikan kesenangan, melatih mental, dan yang terpenting yaitu memberikan pelatihan tentang pembinaan sifat karakter.

Kegiatan outbound akan efektif jika dilaksanakan secara baik dan benar, yaitu mampu memberikan pembelajaran yang tepat bukan hanya sekedar main-main di luar ruangan dengan tujuan untuk bersenang-senang. Kegiatan ini dimaksudkan mampu memberikan motivasi belajar kepada siswa Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta. Motivasi tersebut dapat dirangsang oleh faktor dari luar tetapi motivasi itu tumbuh dari dalam diri seseorang. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, dikatakan keseluruhan karena pada umumnya ada beberapa motif yang bersama-sama menggerakkan siswa untuk belajar salah satunya yaitu dengan diadakannya kegiatan outbound di Suka Desa Kaliurang.

LKP BINA INSANI YOGYAKARTA

Alamat: Jl. Babaran No. 21 Batikan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55167    DENAH  

Telp. 0274-414506 / HP-WA. 085 29 290 2900 / Pin BB. 5A55E2C3

 

Additional information