Pengenalan Masakah Korea "KIMCHI" bersama Diklat Bahasa Korea Angkatan 78 LPK Bina Insani Yogyakarta

   

Tahu kan teman-teman apa itu “KIMCHI”…..kalau kalian suka dengan yang namanya Korea …pasti kalian tau dengan makanan khas Korea ini,  “KIMCHI” juga termasuk makanan tersehat didunia LOHHH….., makanan fermentasi yang rasanya asam-asam sedikit pedas ini dimakan sebagai makanan sehari-hari dan dinikmati pada musim dingin sebagai pengganti sayuran di Korea.

      Senin [02/02/15], teman-teman yang sedang belajar di LPK Bina Insani Yogyakarta Diklat Intensif 79 bahasa Korea bersama dengan salah satu tentor “Bu Mako” yang pernah belajar bahasa korea langsung di negeri gingseng “KOREA” dan di bantu oleh para Assisten tentor (Andry, Vivin, Reza)… akan membagi pengalaman cara membuat KIMCHI …

         Oke  langsung saja, sebelumnya kita persiapkan bahannya. Yaitu: Sawi putih , Tepung beras, Bawang Bombay, bawang putih, wortel, bubuk cabe, garam, gula , jahe, minyak wijen, minyak ikan dan ikan teri yang nanti diambil air rendamannya ( semuanya dibeli di pasar Bringharjo) .

      Setelah semua bahan siap, pertama kita rendam Sawi putih nya dengan air garam selama kurang lebih 3 jam, kemudian  membuat pasta dengan cara merebus tepung beras, gula, garam, air rendaman ikan teri (ikan terinya dipisahkan) sambil terus diaduk dan dengan api kecil, sampai matang. Setelah itu pasta dicampur dengan bawang Bombay, bawang putih, wortel yang sudah di cincang, jahe yang telah dihaluskan, minyak wijen dan minyak ikan diaduk sampai merata.

       Kemudian bersihkan sawi putih yang telah di rendam air garam dengan air mengalir, lalu lumuri sawi putih yang sudah di bersihkan dengan pastanya. Setelah itu simpan kimchi dalam lemari es untuk difermentasikan, dimakan kurang lebih seminggu (lebih lama lebih enak) setelah difermentasi.

Kegiatan pengenalan masakan Korea ini rutin dilaksanakan setiap angkatan diklat yang ada di Bina Insani Yogyakarta sebagai pengenalan dasar bagi mereka apabila besok sudah sampai ke Korea mereka mengenal makanan Korea. Karena dalam prosesnya disini siswa diajarkan cara membuat, mengetahui bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan sekaligus praktek membuatnya.

Selamat mencoba, 안녕……

 

 

LKP BINA INSANI YOGYAKARTA

Alamat: Jl. Babaran No. 21 Batikan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55167    DENAH  

Telp. 0274-414506 / HP-WA. 085 29 290 2900 / Pin BB. 5A55E2C3

 

Additional information