Pembukaan Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113 Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta

Pembukaan Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113 telah dibuka pada Hari Selasa 13 November 2018 pukul 09.00 WIB.

Pembukaan dilaksanakan di Gedung 1 Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta. Total peserta yang mengikuti Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113 berjumlah 22 siswa, namun tidak semua siswa bisa hadir saat pembukaan. Siswa yang hadir yaitu sebanyak 19 orang, tiga siswa lainnya datang pada hari berikutnya. Peserta Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113  berasal dari berbagai wilayah diantaranya: Jambi, Lampung, Bali, Medan, Wonosobo, Demak, Bekasi, Jawa Timur, Purworejo, Sleman Bantul, Kulon Progo, dan lain sebagainya.

Siswa Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113 harus melakukan registrasi ulang terlebih dahulu. Proses registrasi ulang tersebut meliputi pengisian formulir pendaftaran, pembayaran administrasi diklat, dan pengumpulan berkas-berkas pendaftaran berupa foto copy serta scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah terakhir, dan foto 4x6 tiga lembar. Siswa yang tidak membawa scan berkas-berkas  tersebut maka dapat membawa dokumen aslinya yang akan dibantu langsung oleh customer service. Pihak Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta tidak menahan dokumen asli, jika proses scan sudah berhasil maka dokumen akan dikembalikan kepada siswa. Setelah registrasi ulang berhasil, maka formulir pendaftaran dibawa oleh siswa menuju ruang foto. Siswa difoto untuk pembuatan ID Card. Selanjutnya, formulir pendaftaran dapat ditukarkan untuk memperoleh fasilitas diklat dan mengikuti pembukaan Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113.

Diklat Bahasa Korea ini ditujukan untuk menghadapi tes EPS-TOPIK tahun 2019. Tes EPS-TOPIK (Employment Permit System- Test Of Proficiency In Korea) adalah tes kemampuan Bahasa Korea dasar bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ke Korea. Serangkaian acara pada pembukan Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113 dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama seluruh karyawan dan arahan dari Mohammad Rosyidi, S.Ag selaku Direktur Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta. Dalam sambutannya, Mohammad Rosyidi, S.Ag. menyampaikan bahwasanya untuk bisa bekerja ke Korea jalur yang harus ditempuh yaitu melalui Program Government to Government (G to G), selain itu siswa juga harus memiliki sertifikat EPS-TOPIK, untuk bisa lolos tes tesebut siswat harus belajar dengan sungguh-sungguh.

Mohammad Rosyidi, S.Ag. menyampaikan pesan kepada seluruh siswa Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113 supaya hati-hati terhadap oknum yang menawarkan bantuan proses kerja ke Korea terlebih jika meminta imbalan yang sangat besar, karena pada dasarnya semua tahapan proses kerja ke Korea  bisa dilakukan secara mandiri oleh Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dan perkembangan prosesnya bisa dipantau langsung melalui internet. Setelah Diklat Bahasa Korea Intensif Angkatan 113 seleai, diharapkan alumni masih bisa mengikuti tryout-tryout dan pembekalan menjelang Tes EPS-TOPIK serta dibimbingan sampai berangkat. Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta juga memberikan  garansi mengulang gratis bagi alumni apabila tidak lolos Tes Bahasa (EPS-TOPIK).

LKP BINA INSANI YOGYAKARTA

Alamat: Jl. Babaran No. 21 Batikan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55167    DENAH  

Telp. 0274-414506 / HP-WA. 085 29 290 2900 / Pin BB. 5A55E2C3

 

Additional information