Pembekalan dan Orientasi Kerja bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) ke Korea Selatan Sektor Fishing

Selasa, 07 November 2016. Pembekalan dan Orientasi Kerja bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) ke Korea Selatan Sektor Fishing bagi Peserta Upgrading Skill Pendidikan Bahasa Korea untuk Calon TKI Korea, kerjasama antara BNP2TKI dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Bina Insani Yogyakarta.

Bertempaat di gedung 2 LKP Bina Insani Yogyakarta, pada acara  tersebut dihadirkan 2 nara sumber yang kompeten di bidangnya yaitu Bp. Suparjo, S.H. Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Yogyakarta dan Ibu Ratih Pratiwi Anwar dari Peneliti TKI di Korea Selatan Pusat Studi Asia Pasifik Universitas Gajah Mada (UGM).

"TKI harus menempatkan diri sebagai pekerja dengan mematuhi kontrak kerja" pesan Bp. Suparjo saat memberikan pembekalan. Sedangkan untuk proses perekrutan dari pendaftaran tes sampai berangkat ke Korea Bp Suparjo menegaskan, semuanya sudah sistem online, jadi tidak ada yang namanya percepatan atau permainan.

Sedangkan materi yang disampaikan oleh Ibu Ratih Pratiwi Anwar antara lain:
- Sistem ijin kerja
- Standar kontrak kerja
- Undang-undang tenaga kerja di Korea Selatan
- Kondisi kerja di sektor perikanan
- Tinjauan budaya, dan
- Tips TKI sektor Perikanan

Seluruh peserta yang telah lulus tes Employmen Permit System - Test Of Prificiency In Korea (EPS-TOPIK) sektor perikanan ini masih akan mengikuti pelatihan menghadapi skill test. Dengan alat peraga dan materi yang telah  disipakan oleh LKP Bina Insani, para peserta akan berlatih bersama-sama dengan dibimbing instruktur yang berpengalaman.

LKP BINA INSANI YOGYAKARTA

Alamat: Jl. Babaran No. 21 Batikan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55167    DENAH  

Telp. 0274-414506 / HP-WA. 085 29 290 2900 / Pin BB. 5A55E2C3

 

Additional information